Loading...
Sunday, February 28, 2016

Empat Poin Penting dalam Pemasaran 2016

Banyak orang yang saat memulai bisnisnya dengan sangat optimis berpikir bahwa memiliki produk yang hebat dibanding kompetitor lain, tapi setelah bisnis anda berjalan dan anda baru menyadari produk pesaing anda yang menurut ada produknya dibawah produk anda mendapat perhatian lebih dari para costumer.  
Menurut segala teori yang dipelajari di sekolah bisnis/MBA, itu tentu sangat bertentangan dengan aturan, yang menyatakan produk yang bagus akan memiliki keberhasilan penjualan. Pertanyaannya, mengapa mereka begitu sukses dan anda tidak? Jawabannya, pesaing anda memiliki tim pemasaran dan strategi yang jauh lebih baik daripada anda. Berikut beberpa tips yang mungkin anda butuhkan dalam persaingan pemasaran ditahun 2016 ini:

Empat Poin Penting dalam Strategi Marketing 2016

Marketing Automation

 
Sepuluh tahun kebelakang era pemasaran sudah bergeser dari kontak fisik menjadi digital market, optimasi pemasaranpun lebih ditekankan dimedia sosial dan email. Marketing Automation yang berfungsi sebagai platform yang digunakan untuk perencanaan, kordinasi, mengelola serta mengukur efektifitas harus bisa berjalan efektif. Misalnya, tema apa yang akan diangkat dibulan ini dan dibulan-bulan berikutnya, pesan apa yang ingin disampaikan mengenai produk anda, lalu seberapa sering pesan tersebut disampaikan. Dengan begitu masalah-masalah dalam pemasaran online jangka panjang dapat terselesaikan.

Pemasaran Konten

Banyak orang yang malas atau bahkan takut diberikan tugas menulis, tapi pemasaran konten mejadi kunci penting dalam memasarkan bisnis ada, bagaimana anda bisa meyakinkan para customer dari deskripsi yang anda buat mengenai produk anda, juga ini adalah kesempatan anda untuk menyoroti seberapa jauh pengetahuan anda mengenai bisnis yang sedang dijalani. 

Data atau Review Pemasaran

Data menjadi penting untuk memantau seberapa besar investasi yang sudah anda keluarkan untuk menghasilkan laba, sedangkan review pemasaran untuk mendapatkan pandangan orang terhadap produk anda dan kesediaa mereka untuk membeli produk. Review pemasaran juga dapat digunakan untuk mempelajari kecendrungan konsumen dalam memilih produk sehingga anda bisa menyesuaikan produk sesuai dengan kebutuhan tren costumer.

Mobile Marketing

Ditahun 2015 sebuah survei menunjukan pengguna smartphone di Indonesia mencapai 55 juta orang. Dengan demikian tidak ada alasan untuk tidak menjangkau individu dengan metode ini. 20 % pengguna mobilephone juga dikabarkan sangat konsumtif karena dari handpone mereka dapat mengakses semua informasi online layaknya versi dekstop. Dengan kampanye melalui BBM dan aplikasi lainnya anda dapat menawarkan diskon dan wawasan untuk pelanggan yang secara eksklusif menggunakan perangkat mobile. Menerapkan strategi pemasaran mobile memungkinkan Anda untuk mengumpulkan lebih banyak data, yang pada gilirannya dapat membantu Anda kembali menyusun strategi pendekatan Anda.

Jika anda sudah berfokus pada empat strategi marketing diatas lalu tidak berhasil, saya akan merekomendasikan lagi beberapa titik fokus yang mungkin dilewatkan anda. Pemasaran adalah tentang datang dengan rencana, tetapi juga mampu beradaptasi dengan temuan yang ada dilapangan.

0 komentar:

 
TOP