PART 6: UJI ASUMSI KLASIK REGRESI DATA PANEL DENGAN EVIEWS (UJI NORMALITAS)



Uji normalitas bertujuan untuk menguji apakah dalam model regresi panel variabel-variabelnya berdistribusi normal atau tidak. Model regresi yang baik adalah memiliki distribusi data normal atau mendekati normal.
Dalam software EViews normalitas sebuah data dapat diketahui dengan membandingkan nilai Jarque-Bera (JB) dan nilai Chi Square tabel. Uji JB didapat dari histogram normality yang akan kita bahas dibawah ini.
Hipotesisi yang digunakan adalah:
H0       : Data berdistribusi normal
H1       :  Data tidak berdistribusi normal
Jika hasil dari JB hitung > Chi Square tabel, maka H0 ditolak
Jika hasil dari JB hitung < Chi Square tabel, maka H0 diterima

Langkah-langkah uji Normalitas dalam software EViews dapat dilakukan sebagai berikut:
1. Langkah pertama lakukanlah running model regresi panel yang sudah dipilih melalui uji Chow, uji Hausman, dan uji LM. Dalam hal ini model yang paling tepat, yang sudah kita hitung dalam pembahasan sebelumnya adalah model Fixed Effect. Coba lihat kembali pada pembahasan “Part 2” tentang cara running model regresi panel Fixed Effect Model.
2. Lalu pada hasil model Fixed Effect klick View lalu pilih Residual Diagnostics dan klik Histogram-Normality Test

Maka hasil output model Fixed Effect akan berganti menjadi histogram normalitas yang akan kita pakai sebagai uji normalitas.


3. Histogram normalitas dapat langsung anda pakai dengan meng-copy-nya pada lembar penelitian anda. Jika anda melakukan langkah diatas, histogram normality tidak akan tersimpan pada work file sehingga bila anda menyimpan semua hasil running lalu membukanya kembali histogram normality tidak ada di work file. Ada cara lain agar histogram normality dapat tersimpan pada work file pada saat dibuka kembal. 
4. Langkahnya yakni jalankan running model Fixed Effect seperti pada langkah pertama. Pada menu bar klick Proc lalu klick Make Residual Series…
 Maka akan muncul kotal dialog Make Residuals, pada Name for resid series namakan residu_LDR (residu maksudnya residual dan LDR adalah variabel dependen dalam penelitian) lalu Ok.
 

5. Munculah kotak dialog Series: RESID_LDR, klick View + Descriptive Statistics & Test lalu pilih Histogram and Stats.
Maka keluarlah histogram normality, bedanya dengan diatas selain tersimpan pada work file, pada series telah dinamai sesuai dengan keinginan kita.

Setelah mendapatkan histogram normalitas, selanjutnya kita akan menganalisis apakah model dalam penelitian yang kita pakai datanya berdistribusi normal atau tidak. Seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa data berdistribusi normal jika nilai Jarque-Bera lebih kecil dari nilai Chi Square.
 

Dari histogram diatas nilai JB sebesar 0,630487 sementara nilai Chi Square dengan melihat jumlah variabel independen yang kita pakai dalam hal ini 2 variabel independen dan nilai signifikan yang kita pakai dalam hal ini 0,05 atau 5%. Didapat nilai Chi Square sebesar 5,99146 yang berarti nilai JB lebih kecil dari nilai Chi Square (0,630487 < 5,99146). Sehingga dapat disimpulkan bahwa data dalam penelitian ini berdistribusi normal.   



Labels : wallpapers Mobile Games car body design Hot Deal
Category:

3 komentar:

Anonim mengatakan...

kalo residualnya ga normal gimana?saya sudah coba transformasi tp tetep aja ga normal. bolehkah uji normalitas pada data panel diabaikan?

Anonim mengatakan...

kalo residual data ga normal gimana? saya sudah coba transformasi variabelnya, tp tetep ga normal juga. apakah uji normalitas bisa diabaikan pada data panel?

Egi Fajar Nur Ali mengatakan...

residual gak normal biasanya terdapat nilai ekstrim pada data penelititan kita, misalnya rata2 inflasi 10 terakhir antara 5%-12% tapi ada ditahun tertentu inflasi sampai menembus 100%, angka 100 ini yang membuat nilai residual gak normal atau bisa jadi pada saat anda menginput anda salah memasukan nomor sehingga terjadi nilai ekstrim, alangkah baiknya coba diperiksa lagi data yang anda input ke excel.
uji normalitas pada data panel sama halnya pada regresi berganda yang merupakan syarat dari terpenuhinya asumsiklasik. memang ada beberapa penelitian yang hanya menekankan pada 3 uji saja untuk melihat terpenuhinya uji asumsi klasik, yakni autokorelasi, heteroskesdastisitas, dan multikolinearitas. tapi kembali lagi pada si peneliti apakah mau memasukan uji normalitas dan linearitas karena semakin kumplit uji asumsi klasik yang kita pakai akan mencerminkan bahwa hasil regresi yang kita pakai adalah valid.
terima kasih

Poskan Komentar

Kritik & Saran Anda:

Search Terms : property home overseas properties property county mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah free-islamic-blogspot-template cute blogger template free-blog-skins-templates new-free-blogger-templates good template blogger template blogger ponsel Download template blogger Free Software Blog Free Blogger template Free Template for BLOGGER Free template sexy Free design Template theme blogspot free free classic bloggerskin download template blog car template website blog gratis daftar html template kumpulan templet Honda SUV car body design office property properties to buy properti new