Loading...
Monday, June 17, 2013

PART 6: UJI ASUMSI KLASIK REGRESI DATA PANEL DENGAN EVIEWS (UJI NORMALITAS)


Uji normalitas bertujuan untuk menguji apakah dalam model regresi panel variabel-variabelnya berdistribusi normal atau tidak. Model regresi yang baik adalah memiliki distribusi data normal atau mendekati normal.
Dalam software EViews normalitas sebuah data dapat diketahui dengan membandingkan nilai Jarque-Bera (JB) dan nilai Chi Square tabel. Uji JB didapat dari histogram normality yang akan kita bahas dibawah ini.
Hipotesisi yang digunakan adalah:
H0       : Data berdistribusi normal
H1       :  Data tidak berdistribusi normal
Jika hasil dari JB hitung > Chi Square tabel, maka H0 ditolak
Jika hasil dari JB hitung < Chi Square tabel, maka H0 diterima

Langkah-langkah uji Normalitas dalam software EViews dapat dilakukan sebagai berikut:
1. Langkah pertama lakukanlah running model regresi panel yang sudah dipilih melalui uji Chow, uji Hausman, dan uji LM. Dalam hal ini model yang paling tepat, yang sudah kita hitung dalam pembahasan sebelumnya adalah model Fixed Effect. Coba lihat kembali pada pembahasan “Part 2” tentang cara running model regresi panel Fixed Effect Model.
2. Lalu pada hasil model Fixed Effect klick View lalu pilih Residual Diagnostics dan klik Histogram-Normality Test

Maka hasil output model Fixed Effect akan berganti menjadi histogram normalitas yang akan kita pakai sebagai uji normalitas.


3. Histogram normalitas dapat langsung anda pakai dengan meng-copy-nya pada lembar penelitian anda. Jika anda melakukan langkah diatas, histogram normality tidak akan tersimpan pada work file sehingga bila anda menyimpan semua hasil running lalu membukanya kembali histogram normality tidak ada di work file. Ada cara lain agar histogram normality dapat tersimpan pada work file pada saat dibuka kembal. 
4. Langkahnya yakni jalankan running model Fixed Effect seperti pada langkah pertama. Pada menu bar klick Proc lalu klick Make Residual Series…
 Maka akan muncul kotal dialog Make Residuals, pada Name for resid series namakan residu_LDR (residu maksudnya residual dan LDR adalah variabel dependen dalam penelitian) lalu Ok.
 

5. Munculah kotak dialog Series: RESID_LDR, klick View + Descriptive Statistics & Test lalu pilih Histogram and Stats.
Maka keluarlah histogram normality, bedanya dengan diatas selain tersimpan pada work file, pada series telah dinamai sesuai dengan keinginan kita.

Setelah mendapatkan histogram normalitas, selanjutnya kita akan menganalisis apakah model dalam penelitian yang kita pakai datanya berdistribusi normal atau tidak. Seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa data berdistribusi normal jika nilai Jarque-Bera lebih kecil dari nilai Chi Square.
 

Dari histogram diatas nilai JB sebesar 0,630487 sementara nilai Chi Square dengan melihat jumlah variabel independen yang kita pakai dalam hal ini 2 variabel independen dan nilai signifikan yang kita pakai dalam hal ini 0,05 atau 5%. Didapat nilai Chi Square sebesar 5,99146 yang berarti nilai JB lebih kecil dari nilai Chi Square (0,630487 < 5,99146). Sehingga dapat disimpulkan bahwa data dalam penelitian ini berdistribusi normal. 
Untuk melihat part 1-8 klik disini! 

16 komentar:

Anonymous said...

kalo residualnya ga normal gimana?saya sudah coba transformasi tp tetep aja ga normal. bolehkah uji normalitas pada data panel diabaikan?

Anonymous said...

kalo residual data ga normal gimana? saya sudah coba transformasi variabelnya, tp tetep ga normal juga. apakah uji normalitas bisa diabaikan pada data panel?

Egi Fajar Nur Ali said...

residual gak normal biasanya terdapat nilai ekstrim pada data penelititan kita, misalnya rata2 inflasi 10 terakhir antara 5%-12% tapi ada ditahun tertentu inflasi sampai menembus 100%, angka 100 ini yang membuat nilai residual gak normal atau bisa jadi pada saat anda menginput anda salah memasukan nomor sehingga terjadi nilai ekstrim, alangkah baiknya coba diperiksa lagi data yang anda input ke excel.
uji normalitas pada data panel sama halnya pada regresi berganda yang merupakan syarat dari terpenuhinya asumsiklasik. memang ada beberapa penelitian yang hanya menekankan pada 3 uji saja untuk melihat terpenuhinya uji asumsi klasik, yakni autokorelasi, heteroskesdastisitas, dan multikolinearitas. tapi kembali lagi pada si peneliti apakah mau memasukan uji normalitas dan linearitas karena semakin kumplit uji asumsi klasik yang kita pakai akan mencerminkan bahwa hasil regresi yang kita pakai adalah valid.
terima kasih

Noor Rahmalita Sari said...

kalau data saya ada nilai ekstremnya, cara mendeteksi nilai ekstremnya dengan eviews bagaimana ya?terimakasih

Anonymous said...

bagaimana kalau hasil estimasi model fixed effect varibel independentnya tidak ada yang signifikan? apa yang salah?

bejat said...

Norra,cara deteksi data ekstrim : datanya di tranformasi ke normal standar.. klo nilainya lebih dari 2,8 ato kurang dari -2,8 brarti itu data ekstrimm

Anonymous said...

Bagaimana ya Cara nya deteksi here risked as to sit as dan autokorelasi pada data panel? Saya sdh coba Cari referensi di internet tdk bisa. Mungkin mas bisa Bantu, Karena deteksi ini saya butuhkan untuk mengerjakan skripsi saya. Terima kasih banyak..

Screatmen8 said...

terimakasih...sangat membantu

wati said...

Selamat sore mas.. Mau tanya kenapa ya setelah memilih Residual Diagnostics yang muncul hanya Histogram-Normality Test? Knapa ngga ad pilihan serial correlation LM test? Solusinya untuk uji autokorelasi apa? Terimakasih

Unknown said...

assalamu'alaikum, mas bisa tolong bagi tutorial uji linieritas data panel di eviews 6? terima kasih sebelumnya.

EROR said...

boleh tau nilai chi-square 5,99146 dapat dari mana ya?

Unknown said...

Ebook Data Panel EVIEWS 9
Merupakan Tutorial Data Panel Menggunakan EVIEWS 9 Terdiri Data Panel Dan Data Panel Dengan Koefisien Cross Section Yang Dilengkapi Uji Chow, Hausman, LM Dan Asumsi Klasik Regresi Meliputi Multikolinieritas, Heterokedasitisitas, Autokorelasi.
Link Download
goo.gl/xhb133
goo.gl/Y3NIjq

Anonymous said...

mas egi klo misalnya variabel independen kita 1, terus dependen nya 3 dan moderatingnya 1 (z) liat uji chi nya gimana ya?

apakah bisa saya konsultasi statistik ini?

SmartPLS3 said...

Olah Data Online
Perkenalkan kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengolahan data statistik untuk keperluan tugas akhir seperti Skripsi, Tesis dan Disertasi maupun untuk karya ilmiah yang menggunakan perhitungan statistik. Tim kami merupakan lulusan dari beberapa perguruan tinggi yang cukup profesional dalam bidang olah data statistik dan kami telah berpengalaman sejak tahun 2013 dalam bidang olah data statistik. Klien kami sangat banyak dari berbagai perguruan baik PTN maupun PTS. Kepuasan Konsumen terutama dalam hal selesainya tugas akhir dengan cepat dan tepat adalah salah satu dari visi perusahaan kami.
Hubungi kami via SMS/WA 08527746673 dan Email bisnis.blog1976@gmail.com untuk jasa pengolahan data - olah data SPSS, Eviews, AMOS, Lisrel dan Smart PLS untuk skripsi, tesis dan disertasi atau untuk penelitian terapan di perusahaan dan kementerian.
Olah Data Semarang
Olah Data Online Se-Indonesia
Kami berbagi, kami membantu, kami bekerja, mari datang ke kami, sistem kami kekeluargaan

Olah_Data_Semarang said...

Mengatasi Data Tidak Normal Dengan Central Limit Theorem (CLT)
Apabila Data Tidak Normal Bisa Memakai Central Limit Theorem (CLT)
Sebagai Pendukung Kami Berikan Literatur Berupa Penelitian-Penelitian
Sebelumnya Sebanyak 20 Buah Penelitian
Bagi Yang Membutuhkan Bisa Klik Dibawah Ini Untuk Unduh Literatur Tersebut
https://s.id/UjiCLT

EWITA YUDA said...

Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

 
TOP