Loading...
Monday, May 06, 2013

PART 2: ANALISIS REGRESI DATA PANEL DENGAN EVIEWS


1.      Langkah pertama anda harus sudah memiliki data panel yang sudah di diolah dalam MS. Excel. Dibawah ini adalah data panel dari laporan keuangan 10 bank umum periode 2007-2011 dengan nama file “DATA EGI” dan type “excel 97-2003  workbook” (type ini berguna supaya dapat dibaca EViews 7). Untuk mempermudah pembelajaran, penulis menyediakan data  yang sudah jadi dalam bentuk ms. Excel, silahkan download di link ini: “dataegi
*Sebagai catatan penulis menyarankan agar jumlah perusahaan lebih dari 5, karena jika kurang akan berimbas pada tidak keluarnya model Random Effect.
2.      Bukalah software EViews seperti tampilan di bawah ini, jika belum terinstal anda bisa mendownloadnya di link ini “download eviews 7:

3.      Kemudian pada menubar klik FILE – NEW – WORKFILE atau pada keyboard anda langsung tekan CTRL+N. kemudian munculah WORKFILE CREATE.

4.      Pada tampilan WORKFILE CREATE, pastikan pada workfile sctructur type memilih “Balanced Panel  dan pada frequency data “Annual”, karena data yang kita gunakan adalah tahunan, dilanjutkan isi pada  start date dengan tahun awal yang anda gunakan 2007 dan end date 2011 serta pada number of cross section “10” yang menunjukan objek 10 bank yang akan diteliti, lalu klik OK, seperti gambar dibawah ini:

Maka muncul tampilan dibawah ini,
5.      Biyarkanlah tampilan diatas, langkah selanjutnya klik pada menubar File – Import – Read… lalu pilih jenis filenya dan Open
File yang diambil disini adalah MS. Excel dengan nama file “data egi
6.      Maka munculah excel spreadsheet Import. Isikan pada upper-left data cell dengan C2 yang menjelaskan bahwa data yang akan diolah pada excel diawali kolom C pada baris 2. Pada Names for series or number if named in file dengan 3 yang berarti variabel independen dan dependen yang akan dimasukan adalah 3 variabel yaitu LDR, NPL, dan Kurs. Lalu Ok
 
Jika data yang disusun benar, maka akan muncul workfile berikut:

Running regresi panel dengan eviews
1.      Dalam regresi data panel seperti yang dijelaskan pada “part 1” kita harus melakukan tiga kali regrasi yakni Common Effect Model, Fixed Effect Model, dan Random Effect Model. Dari ketiga model tersebut akan dilakukan perhitungan model mana yang paling tepat digunakan dalam penelitian. Dalam pembahasan ini penulis hanya akan menjelaskan bagaimana melakukan regresi untuk menghasilkan tiga model tersebut.
2.      Pertama, kita akan membahas Common Effect Model: langkahnya yakni klick pada menu bar “Quick lalu pilih Estimate Equation…” lalu isilah pada Equation Specification dengan variabel dependen, kostanta (c), lalu di ikuti variabel independen. Pisahkan antar variabel dengan spasi (ldr c npl kurs). Contoh bisa dilihat dibawah ini:
3.      Setelah langkah diatas selesai, klick “Panel Option” pilihlah pada Cross-sectionNone” yang berarti model regresi yang dipilih adalah Common Effect Model. Lalu Ok,  
 
Hasil regresi dengan model Common Effect (OLS) seperti dibawah ini. Salinlah (copy) hasil output tersebut ke Ms. Word untuk nanti dihitung.

4.      Kedua, kita akan membahas Fixed Effect Model: langkahnya sama seperti langkah pertama yakni klick pada menu bar “Quick lalu pilih Estimate Equation…” lalu isilah pada Equation Specification dengan variabel dependen, kostanta (c), lalu di ikuti variabel independen. Pisahkan antar variabel dengan spasi (ldr c npl kurs). Contoh bisa dilihat dibawah ini:
5.      Setelah langkah diatas selesai, klick “Panel Option” pilihlah pada Cross-sectionFixed” yang berarti model regresi yang dipilih adalah fixed effect model. Lalu Ok,  


Hasil regresi dengan model Fixed Effect (LSDV) seperti dibawah ini. Salinlah (copy) hasil output tersebut ke Ms. Word untuk nanti dihitung.
6.       Ketiga, kita akan membahas Random Effect Model: langkahnya sama seperti langkah pertama dan kedua yakni klick pada menu bar “Quick lalu pilih Estimate Equation…” lalu isilah pada Equation Specification dengan variabel dependen, kostanta (c), lalu di ikuti variabel independen. Pisahkan antar variabel dengan spasi (ldr c npl kurs). Untuk lebih menghemat waktu ada langkah yang lebih cepat yakni dengan meng-klick “Estimate” pada hasil Fixed Effect Model, maka akan muncul Equation Estimation yang sudah tertulis persamaan regresinya (ldr c npl kurs). Anda tinggal meng-klick “Panel Option” pilihlah pada Cross-sectionRandom” yang berarti model regresi yang dipilih adalah random effect model. Lalu Ok,  
Hasil regresi dengan model Random Effect (GLS) seperti dibawah ini. Salinlah (copy) hasil output tersebut ke Ms. Word untuk nanti dihitung.

Hasil dari ketiga model diatas yang tersimpan dalam Ms. Word dapat anda download di link ini “hasil regresi
Untuk melihat part 1-8 klik disini! 

13 komentar:

Anonymous said...

Sip

Anonymous said...

cara baca hasilnya bagaimana tuh gan ... ??? dari ketiga regresi tsb

Anonymous said...

Assalamualaikum..wr
Sebelumnya Terima Kasih ya, Informasinya sangat bermanfaat..
Maaf, mau tanya, gmna ya cara install aplikasi Eviews yang di download dari sini..
Terima kasih ya..

Anonymous said...

maaf mau tanya, kalo hasil regresi data panel dengan eviews itu ada interceptnya nda sih? koq saya coba nda ada, padahal pada persamaan regresi data panel ada interceptnya atau beta0....terima kasih

Anonymous said...

cara pindahin hasil eviews ke ms word gimana?

Unknown said...

mas tolong jelaskan juga dong cara membaca outputnya.

Unknown said...

Tulisannya sangat membantu Ndan..
Trimakasih..
ijin tanya kalau perusahaan saya ada 3 Bank, datanya triwulanan dr 2009-2013 tetep bisa tidak ndan..?
jd ragu mengenai saran kalo hus 5 perusahaan..

Unknown said...

Trimakasih Ndan..
Tulisannya sangat membantu..
ijin tanya kalau data saya 3 bank pke tiwulannan dr 2009-2013 gmn ndam..?
mengenai saran diatas hrsnya pke 3 perusahaan..

Unknown said...

knp yang muncul bukan excel spreadsheet import tapi ASCII TEXT import? mohon petunjuknya..thanks

Anonymous said...

terima kasih sudah membantu dengan postingannya...
di eview yang saya install tidak tersedia menu panel options...
bagaimana caranya supaya menu tersebut muncul..?

andra said...

cara baca nya hasill nya

Unknown said...

Ebook Data Panel EVIEWS 9
Merupakan Tutorial Data Panel Menggunakan EVIEWS 9 Terdiri Data Panel Dan Data Panel Dengan Koefisien Cross Section Yang Dilengkapi Uji Chow, Hausman, LM Dan Asumsi Klasik Regresi Meliputi Multikolinieritas, Heterokedasitisitas, Autokorelasi.
Link Download
goo.gl/xhb133
goo.gl/Y3NIjq

Anonymous said...

maaf mau tanya kalo perusahaan nya tidak lebih dari 5, bagaimana? hanya 5 perusahaan, bagaimana?

 
TOP