Loading...
Wednesday, July 18, 2012

BELAJAR JUAL BELI SAHAM DI BURSA EFEK

Metode Bahasa Inggris 468 x 60
Sebagai seorang pemula anda mungkin masih bingung bagaimana berinvestasi dipasar modal yang tepat. Disisni akan saya jelaskan bagaimana bertransaksi dan waktu yang tepat kapan anda harus menjual dan kapan anda harus membeli saham.
Terlebih dahulu sebelum masuk pada cara analisis alangkah baiknya anda mengenal dulu account yang berada di gambar atas. Berikut menu yang ada dalam Kresna Direct Scurities:

Menu ini dapat digunakan untuk transaksi jual (Buy) dan beli (Sell). Di Custinfo anda dapat melihat informasi tentang naik turunnya harga saham sekaligus dapat anda lihat keuntungan dan kerugian dari investasi anda.
Gambar disamping menjelaskan tentang Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). 3,823.010 adalah harga perlembar saham rata-rata seluruh saham yang tergabung dalam IHSG, dalam pembelian saham investor dapat membeli dalam hitungan lot yang mana dalam satu lot terdapat 500 lembar saham. Adapun rata-rata perputaran uang perharinya dalam IHSG mencapai 4 triliun rupiah. Keterangan gambar diatas:
Prev 3,840.596 = penutupan saham pada hari kemaren (saham ditutup biasanya pukul 16.00 setiap harinya)
-17,586 = koreksi dari penutupan hari kemarin dengan nilai saham saat ini, sedangkan -0.458% digambarkan dalam persen.
Op 3,823.880 =  pembukaan saham saat awal hari
Hi 3,840.805 = penawaran tertinggi pada perdagangan saat ini.
Lo 3,813.563 = penawaran terendah pada perdagangan saham saat ini.
Sedangkan adv 73 ( 73perusahaan yang nilai sahamnya tetap dengan hari penutupan), Dec 154 (154 perusahaa   yang sedang turun sahamnya) dan unc 262 (262 perusahaan yang sedang naik nilai sahamnya dari koreksi saat penutupan)
STRATEGI JUAL BELI SAHAM
Gambar disamping merupakan saham telkomsel yang akan kita gunakan sebagai contoh untuk bertransaksi jual beli saham. Umpamanya anda memiliki 3000 lot saham telkomsel yang anda beli saat harga per lot 7,100, setelah beberapa bulan ternyata anda membutuhkan dana untuk penaambahan modal usaha yang anda jalani, anda dapat menjual saham tersebut dengan melihat harga jual saat ini. Pada gambar di atas Bid menjelaskan harga penawaran terendah untuk per lembar saham yakni kisaran 7,150 – 7,400. Sedangkan offer adalah penawaran paling tinggi yang diajukan oleh investor lain untuk memjual saham telkomsel.
Strategi yang anda lakukan bila anda terdesak untuk secepatnya mendapat dana anda dapat menjualnya dengan kisaran harga 7,150-7,400, misalnya anda akan menjual 1000 lot saham dengan harga 7,200 maka setelah dihitung-hitung anda akan mendapat capital gain 150 (keuntungan) dari selisis pembelian awal dengan penjualan (7,250-7,100=150).
Sedangkan untuk strategi pembelian anda bisa menganalisis tren kenaikan dan penurunan saham dengan analisis fundamental (laporan keuangn perusahaan) dan teknikal analisis (menganalisis dari satu komunitas saham dari data masa lalu). Misalnya bila anda ingin membeli saham telkomsel jika tren saham mengalami penurunn sampai titik bawah (titik support) maka saat itu anda beli karena saham tersebut kemungkinan akan naik pada titik resisten. Untuk melihat tren titik support dan titik resisten bisa dilihat dibawah ini.
Copyright by Egie
 
TOP