Loading...
Wednesday, February 27, 2013

ANALISIS REGRESI DATA PENEL DENGAN EVIEWS

Metode Bahasa Inggris 468 x 60
1.Langkah pertama adalah buka file data panel seperti pada contoh dahulu. Misalnya file data seperti dibawah ini:















2.Lalu klicklah pada menu bar “Quick lalu pilih Estimate Equation…” lalu isilah pada Equation Specification dengan variabel depeden, kostanta (c), lalu di ikuti variabel independen. Pisahkan antar variabel dengan spasi ( roa c total_aset aset_produktif nim car inflasi kurs bi_rate pdb ). Contoh bisa dilihat dibawah ini:















3.Langkah selanjutnya klick pada panel options untuk menentukan model yang kita pakai. Dalam Cross-section terdapat tiga pilihan model none (common), fixed , dan random. Dalam contoh ini kita akan memakai model fixed effect maka pilihlah “Fixed” lalu Ok.














4.Hasil yang diperoleh dari regresi data panel dengan menggunakan model fixed effect adalah sebagai berikut:





















5.Dalam regresi data panel terlebih dahulu anda harus memilih model mana yg anda pilih menggunakan uji Chow dan uji hausman. Apabila model fixed effect yang paling tepat dalam penelitian anda, maka hasil diatas dapat diinterpretasikan sebagai berikut:
• Penilaian signifikan dapat dilihat dari nilai statistik probabilitasnya (Prob.). Dengan tingkat signifikan yang telah dipilih peneliti sebesar 0,05 atau 5% maka diantara variabel independen yang signifikan adalah total aset (0,0095), aset produktif (0,0283),  NIM (0,0034).
• Pada Uji Determinasi (R2) didapat R-square 0,862430 yang berarti variabel independen dapat mencerminkan variabel dependen sebesar 86%. Dan 14% sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model.
• Hasil Uji F (simultan) diperoleh melalui perbandingan F-statistic/F-hitung dengan F-tabel yakni, F-hitung > dari F-tabel (19.17580 > 2,07) yang berarti secara bersama-sama varibabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen.

Selamat Mencoba!!!

0 komentar:

 
TOP