Loading...
Wednesday, December 31, 2014

PART 8: UJI ASUMSI KLASIK REGRESI DATA PANEL DENGAN EVIEWS (HETEROSKEDASTISITAS)

Heteroskesdastisitas berarti varian variabel gangguan yang tidak konstan. Sedangkan  homoskedastisitas berarti semua varian variabel gangguan memiliki varian yang konstan. Salah satu metode Ordinary Least Squares (OLS) adalah bahwa varian variabel gangguan sama atau homoskedastisitas. Konsekuensi apabila estimator OLS terdapat masalah heteroskedastisitas akan menyebabkan metode OLS tidak lagi mempunyai varian yang minimum atau dengan kata lain tidak lagi BLUE. 
 Ada beberapa cara untuk menguji apakah model regresi yang kita pakai lolos heteroskesdastisitas. Dalam mendeteksi ada tidaknya masalah heteroskedastisitas penelitian yang kita pakai ini menggunakan Uji Glejser yakni meregresikan nilai mutlaknya. Ketentuan yang dipakai, jika nilai probabilitasnya tidak signifikan secara statistik pada derajat 5% maka hipotesis nol diterima, yang berati tidak ada heteroskedastisitas dalam model. Sebaliknya jika nilai probabilitasnya signifikan secara statistik pada derajat 5% maka hipotesis nol ditolak, yang berati ada masalah heteroskedastisitas dalam model (Gujarati, 2007).
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Bukalah file data awal seperti dibawah ini, data adalah hasil penginputan dari contoh-contoh sebelumnya.

    2. Lanjutkan dengan membuat regresi dengan mengklick menu bar Quick – Estimate Equation… dan untuk mendapatkan versi lengkap semua ebook terkait pengolahan regresi panel dari Part 1 sampai Part 13 silahkan transfer  ke Bank Mandiri.

 NO REKENING: 164 - 00 - 0016263 - 8

ATAS NAMA: EGI FAJAR NURALI

DONASI HANYA RP. 25,000,-

6 komentar:

sutikno said...

admin, saya berminat untuk membeli e-book tentang langkah2 pengerjaan regresi data panel dgn komponen 2 arah (two ways effect) baik dri fixed maupun random model, ada gak ?? tolong informasinya ya min. terima kasih.

Unknown said...

monggo d kilk tautan ini http://www.slideshare.net/yudie82/regresi-data-panel-dengan-eviews, spa tau bermanfaat

Unknown said...

Mohon part 1-13 bisa di emailkan gan?
insya allah saya donasikan jika di kirim ke email dhamzgates@gmail.com thx

Unknown said...

bisa dikirim ke chintiaapriyanti@gmail.com ?
jika sudah dikirim lgsg saya transfer mas.
makasi..

Unknown said...

Ass Mas Admin, selamat siang.
Saya barusan transfer Rp. 25.000,- ke Bank Mandiri An Bapak Egi Fajar Nurali untuk pembayaran materi "regresai data panel dengan eview" yang kalau tidak salah 140 halaman.
Mohon Mas Admin berkenan mengecek transferan dimaksud (jam 15.10.26 dari rekening BRI Mal Pondok Indah)dan berkenan mengirim materinya ke Email saya
trisapto7355oms@gmail.com
Terima kasih
Was
Sapto Trilaksono

zulgani said...

ass Mas Admin,
saya berminat untuk mendapatkan materi regresi data panel dengan eviews yang kalau tidak salah sebanyak 140 halaman,mohon bagaimana cara mendapatkannya trims
email saya gzulgani@gmail.com

 
TOP