Loading...
Monday, January 31, 2011

SOEKARNO BAPAK PENDIRI BANGSA INDONESIA

Metode Bahasa Inggris 468 x 60
Bung Karno nama sapaan yang melekat pada pria kelahiran 6 Juni 1901 ini mempunyai sepak terjang yang sangat luar biasa diranah perjuangan bangsa Indonesia. Sebagai persiden Republik Indonesia yang pertama Soekarno mempuyai gaya kepemimpinan yang khas, sikapnya yang tegas dan kecerdasan dalam berpikir menjadikannya tokoh paling top dan berpengaruh di Asia Pasifik (Versi majalah time).
Tidak sampai disitu saja, ajarannya mengenai NASAKOM yang pada mulanya dinamai “NASI-MARX” (Nasionalisme, Islam, dan Marxisme) lalu menjadi NASIOS (Nasionalisme, Islam, dan Sosialisme) dan pada akhirnya dinamai NASAKOM, digunakan bung Karno untuk membongkar splendid isolation dari ideologi- ideologi yang ada di Nusantara. Ajaran NASAKOM tersebut didasari atas keyakinan bung Karno bahwa komunis di Indonesia mempunyai unsur-unsur Nasionalisme yang kuat, seperti juga komponen-komponen yang lain yakni Nasionalisme dan Agama yang saling bersilangan. Keyakinan bung Karno tentang komunis dibenarkan oleh catatan sejarah yang mencatat negara-negara komunis/ sosialis/ blok timur ternyata satu persatu runtuh dari dalam stuktur ideologinya sendiri dan menjadi negara-negara nasional yang mandiri dan berdaulat.
Ketegasan Soekarno juga tercermin dari tindakannya keluar dari PBB dan menolak pembagian dunia menjadi dua kubu: blok barat dan blok timur. Soekarno malah membuat blok sendiri barsama tiga rekannya (U NU, G.A Nasser, J.Nehru) dengan nama Gerakan Non-blok. Gerakan ini yang kemudian membuat Persiden AS Dwight Eisenhower (1953-1961) kesal dan menurunkan agen CIA di Indonesia untuk menumbangkan rezim Soekarno.
Sebagai anak Jawa Timur Soekarno juga mempercayai leluhur pulau jawa, salah satunya Jayabaya. Keakraban Soekarno dengan Jayabaya ternyata tidak hanya pengetahuan teoritis saja, melainkan juga dalam hidup eksistensial praktis.  Menjelang proklamasi kemerdekaan untuk ketiga kalinya Soekarno  kedaerah Menang yang menurut sejarah tempat tersebut menjadi kekuasaan Jayabaya ketika bertahta. Ditempat itulah Soekarno menghubungkan dirinya dengan leluhur pulau jawa yang tertua  dan tak lama kemudian Soekarno mengibarkan proklamasi kemerdekaan.

0 komentar:

 
TOP