Loading...
Saturday, November 07, 2015

Agar Karir Berkembang dan Promosi Jabatan Cepat

Metode Bahasa Inggris 468 x 60
"Majulah tanpa menyingkirkan orang lain, naiklah tanpa menjatuhkan orang lain, dan berbahagialah tanpa menyakiti orang lain"
Ungkapan tersebut bagi saya menyiratkan arti yang sangat mendalam, karena dimanapun posisi kita saat ini kata-kata tersebut seolah menasehati kita agar tidak arogan dan selalu menjaga tindakan kita. Pada kesempatan kali ini saya  ingin sedikit berbagi dengan kawan-kawan yang baru atau sudah bertahun-tahun kerja tetapi tak kunjung ada perubahan dari gaji ataupun promosi jabatan.
Setiap orang adalah pemilih, dimanapun mereka berada tuhan selalu memberikan banyak pilihan. Sadarkah anda kenapa anda memilih jadi karyawan? kenapa tidak jadi enterpreneur yang pendapatannya bisa sepuluh kali lipat dari tempat anda berkerja sekarang? yang bisa menjawab pertanyaan ini adalah anda sendiri, bisa jadi anda adalah tipe pencari aman atau bisa jadi anda adalah tipe pencari tantangan namun karena belum mempunyai modal untuk berbisnis sementara waktu ini anda berkerja. Apapun pilihan anda tentu itu adalah keputusan yang paling baik menurut anda, tapi sadarkah kenapa pilihan yang diambil dengan penuh keyakian tidak memberikan hasil yang memuaskan? pasti ada somenthing yang salah.
http://egienews.blogspot.co.id/2015/11/agar-karir-berkembang-dan-promosi.htmlSebelum pebahasan saya bertambah lebar, mari kita perkecil ruang lingkupnya sesuai judul diatas. Tahap pengembangan karir seseorang bisa dilihat dari pertama memilih pekerjaan dan perusahaan, saya mengatakan demikian bukan tanpa dasar sebagai gambaran lulusan S1 Ekonomi yang dari tahun pertama berkerja diperhotelan sampai dengan tahun ke empat lantas dia keluar dan mendaftar menjadi kepala keuangan, dan ada lulusan S1 Komunikasi yang dari tahun pertama berkerja dibagian keuangan lalu mencoba peruntungan untuk menduduki kepala keuangan. Dari kedua lulusan tersebut sudah bisa ditebak bahwa lulusan S1 Komunikasi lebih berpeluang besar diterima menjadi kepala keuangan. Walaupun dari background pendidikan tidak linear namun dilihat masa kerjanya diatas tiga tahun sudah bisa mengimbangi pengetahuan S1 Ekonomi, bagi banyak perusahaan background pendidikan hanya dilihat saat pelamar masih fresh graduate, jika perusahaan mencari profesional mereka lebih memilih pengalaman kerjanya. 
Itu kenapa saya menyarankan ke teman-teman yang baru lulus untuk cermat memilih pekerjaan karena pekerjaan ditahun pertama sampai tahun keempatlah yang akan menjadi refferensi dia sebagai profesional. Apalagi jika pekerjaan anda linear dengan jurusan akan mempermudah karir anda. Faktor lain yang dapat berpengaruh terhadap karir dan promosi jabatan adalah tempat kerja, perusahaan yang besar akan memberikan peluang untuk mengembangkan karir dan mempercepat promosi jabatan. Jika tidak menemukan perusahaan yang besar alternatif lain carilah perusahaan yang sedang berkembang dan agresif berekpansi.    
Setelah syarat diatas terpenuhi langkah selanjutnya adalah luruskan "niat". Maksudnya tujuan anda berkerja tidak hanya semata-mata mencari uang belaka, perusahaan memperkerjakan karyawannya berharap mempunyai produktifitas tinggi, target bisa tercapai, dan semua visi bisa terlaksana. Jika anda termasuk karyawan yang sering mengeluh gaji kecil cepat-cepatlah perbaiki, mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah. Gaji bisa berubah besar jika cara anda berkerja dan berpikir lebih besar, bagaimana caranya? "Antusias" adalah kuncinya. Berkerjalah dengan semangat, proaktif, tidak perhitungan dengan waktu kerja, dan apapun perintah atasan lakukanlah dengan sebaik mungkin. Semakin anda bersemangat semakin dilirik oleh atasan, kalaupun atasan tidak peduli dengan anda, ada banyak orang di perusahaan anda yang akan merekomendasikan anda untuk posisi yang lebih baik. Bila anda benar-benar melakukannya dalam satu tahun kedepan saya yakin gaji atau jabatan anda akan berubah.
Cukup sekian dulu share kali ini,  pada kesempatan lain akan saya lanjutkan artikel ini.

0 komentar:

 
TOP