Loading...
Tuesday, December 29, 2015

Customer Care, Cara Sukses Memasarkan Produk

Metode Bahasa Inggris 468 x 60

Kali ini saya ingin berbagi tentang strategi pemasaran dalam bahasa sederhana, seperti kita tahu sebagus-bagusnya produk bila tidak dikenal banyak orang maka ia hanya sebuah benda yang bisa dibanggakan tetapi tidak bisa menghasilkan profit, maka guna pemasaran adalah mengenalkan produk tersebut agar masyarakat yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang kurang tertarik menjadi suka, dan dari yang tidak beli menjadi membeli. 
Seiring dengan perkembangan zaman strategi pemasaran tidak sebatas dengan pengenalan produk semata, marketing yang sukses apabila pembeli bisa melakukan repeated (istilah pemasaran yang sering dipakai orang marketing apabila outlet melakukan pembelian ulang). Kenapa repeated menjadi patokan sukses tidaknya pemasaran? Ditahap awal seorang salesman belum bisa dikatakan sukses karena pemasaran produk saat pembelian awal sifatnya distribusi, artinya barang yang diambil oleh customer barulah uji coba atau banyak dari agen distributor menyebutnya barang konsinyasi (barang titipan yang jangka pembayarannya diperpanjang melebihi masa pembayaran secara umum).
Kunci sukses pemasaran adalah customer satisfaction atau kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan bisa diukur dari seberapa mampu produk tersebut memberikan keinginan pelanggan. Apabila produk tersebut melebihi ekpektasi maka terciptalah apa yang disebut kepuasan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh kepuasan pelanggan, bisa muncul dari produk itu sendiri atau dari tenaga pemasarnya yang memberikan tambahan nilai dari cara dia menjalin hubungan dengan customer.  
Pada saat ulang tahun bulan Desember ini saya sangat terkejut karena ada salah satu bank yang secara otomatis memunculkan Ucapan Selamat Ulang Tahun bagi nasabahnya. Ini ada sesuatu yang simple tetapi bagi para pelanggan peduli dengan hari-hari khusus, menanyakan kabar, atau hanya sapaan menjadi sangat penting sebagai bentuk penghargaan. Pemasaran saat ini sudah condong pada "Customer Care" artinya seorang pembeli tidak hanya melihat dari kualitas produknya tetapi dari pelayanan atau servis yang diberikan. Semoga bermanfaat dan teruslah berbagi!

0 komentar:

 
TOP